Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pendekatan Berbasis Kelas

Penulis

  • Shokhiyatun Shokhiyatun Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang
  • Rosalina Ginting Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.119

Kata Kunci:

Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter

Abstrak

Pelaksanaan pendidikan karakter saat ini memang dirasakan kurang memuaskan. Pendidikan karakter di Indonesia amat perlu pengembangannya bila mengingat masih banyaknya bentuk-bentuk kenakalan remaja, kekerasan, dan lain-lain. Bahkan yang paling memprihatinkan adalah membangun sifat jujur dan disiplin pada peserta didik di sekolah masih belum tercapai.  Hal ini yang harus diperhatikan oleh pemerintah melalui pendidikan di sekolah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan  1) perencanaan (planning) penguatan pendidikan karakter  berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak; 2) pengorganisasian (organizing) penguatan pendidikan karakter  berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak; 3) pelaksanaan (actuating) penguatan pendidikan karakter  berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak; 4) pengawasan (controling) penguatan pendidikan karakter  berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.Manfaat dari penelitian ini ada 2 yaitu 1) manfaat teoritis dan 2) manfaat praktis. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan kategori penelitian lapangan (field research). Tempat penelitian di SD Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yang dilaksanakan mulai bulan April 2022 sampai bulan September 2022. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data peneliti berperan mengumpulkan data dengan cara bertanya, meminta, mendengar dan mengambil informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian 1) perencanaan melibatkan semua guru pada awal untuk menyelaraskan penguatan pendidikan karakter di kelas secara bersama sama. Selain itu perencanaan juga mengacu kepada Kemendikanas 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, 2) pengorganisasian semua bekerja sesuai dengan tupoksi yang ditetapkan oleh kepala sekolah dalam lingkup sekolah dan ditetapkan oleh guru kelas dalam lingkup kelas, 3) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter  berbasis kelas dimasuk didalamnya adalah pembiasaan positif yang terintegrasi dengan materi berdasarkan tema, 4) pengawasan eksteren dilakukan oleh komite sekolah. kemudian teknik pengawasan dilakukan secara lansung melalui kunjungan kelas dan tidak langsung melalui laporan program pembelajaran dan evaluasi kurikulum.

 

Kata Kunci : Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter, Pendekatan, Kelas

Referensi

Abidin, A Mustika. 2018. “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan.” Didaktika Jurnal Kependidikan Volume 12, no. No 2.

Agustina, Firda. 2019. “Penanaman Pendidikan Karakter Dan Metode Story Telling.” Jurnal: Penelitian Medan Agama 10, no. 2 .

Ahmad, Salim. 2015. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah (Sebuah Konsep Dan Penerapannya).” Tarbawi 1 .

Andi Thahir. 2014. “Pendidikan Moral Dan Karakter Sebuah Panduan.” ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman 14, no. No.2 .

Ani Cahyadi. 2014 “Menguatkan Indonesia: Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Karakter.” ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 2.

Asep Dahliyana. 2017 “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah.” Jurnal Sosioreligi 15

Dalia Rosita Ria Yuliana; Santhy Hawanti; Okto Wijayanti. 2016. “Pelaksanaan Didin Widyartono. 2017 “Tes Tertulis Kurikulum 2013 Berbasis Daring dan Luring.” State University of Malang,

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar.

Dodo Murtado; Iis Suhayati; Uay Zoharudin. 2019. Manajemen Dalam Perspektif Al- Qur’an & Hadis. Bandung: Yrama Widya.

Hasbiyallah dan Nayif Sujudi. 2019. Pengelolaan Pendidikan Islam Teori Dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hendarman. 2017. Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Cetakan Kedua. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hendro, Widodo. 2018. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sleman.” Metodik Didaktik 13, no. 2.

Imam Machali dan Ara Hidayat. 2016. The Handbook Of Education Management. Jakarta: Prenada Media Grup.

John Garmo, 2013. Pengembangan Karakter Untuk Anak: Panduan Pendidik, Jakarta: Kasaint Blanc.

Koesoema. 2015. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Edisi Revisi. Yogyakarta: PT Kanisius.

Lexy Moleong. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya.

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ramayulis dan Mulyadi. 2017. Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ratu Wardarita. 2020. “Peran Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutjipto. 2011 “Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter Di Satuan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (online).Vol 17. No. 5.

Yusuf, B.Qomaruddin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yoyakarta: Deepublish.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

1.
Shokhiyatun S, Haryati T, Ginting R. Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pendekatan Berbasis Kelas. JIPS [Internet]. 29 Desember 2023 [dikutip 19 Mei 2024];4(2):326-33. Tersedia pada: https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/view/119