Budaya Keunggulan Akademik di Sekolah Dasar Negeri Bintoro 5 Demak

Penulis

  • Sriwari Negoro Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Ngasbun Egar Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yuliejantiningsih Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.168

Kata Kunci:

budaya optimisme akademik, kepercayaan staf, keandalan kolektif, penekanan akademik

Abstrak

Fokus dalam penelitian ini 1) keandalan kolektif dalam Budaya Keunggulan Akademik di SD Negeri Bintoro 5 Demak, 2) kepercayaan staf terhadap orang tua dan siswa dalam Budaya Keunggulan Akademik di SD Negeri Bintoro 5 Demak, dan 3) penekanan akademik dalam Budaya Keunggulan Akademik di SD Negeri Bintoro 5 Demak.

    Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan filsafat positifisme untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci, sumber data berupa sumber data primer dan sekunder, pengambilan sampel dilakukan secara purposive dan snowball, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi data, dan analisis data bersifat induktif/kualitatif.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Budaya Keandalan Kolektif di SD Negeri Bintoro 5 Demak dibangun melalui pengalaman penguasaan kompetensi guru, pengalaman pribadi siswa, persuasi sosial, dan pembangkitan emosional. Sementara kepercayaan staf terhadap siswa dan orang tua dibentuk melalui kepanitiaan, pertanggungjawaban, dan kolaborasi yang erat. Di sisi lain, penekanan akademik tercermin melalui praktik kerja kolaboratif, komitmen untuk memperbaiki pengajaran, ekspektasi tinggi, dan standar akademik yang tinggi.

Saran untuk SD Negeri Bintoro 5 Demak melibatkan manajemen beban kerja, pemantauan dampak emosional positif, penekanan pada konsistensi dan strategi pembelajaran, penguatan program kepanitiaan dan kolaborasi, melibatkan karyawan lainnya, dan inovasi dalam penghargaan. Selain itu, penguatan kerjasama dan kolaborasi, melibatkan karyawan lainnya, dan pengembangan kurikulum inovatif disarankan untuk meningkatkan kepercayaan dan mendukung penekanan akademik. Implikasi positif budaya keunggulan akademik terhadap pencapaian akademik dapat menjadi landasan bagi pemegang kebijakan pendidikan. Peran serta seluruh warga sekolah dalam memberikan sumbangsih dan masukan membangun sangat diperlukan. Dengan pemahaman implikasi ini, SDN Bintoro 5 Demak dapat terus memperbaiki praktik dan budaya mereka untuk mencapai keunggulan akademik yang berkelanjutan serta menjadi panduan bagi sekolah-sekolah lain yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan dan penekanan akademik mereka.

 

Kata Kunci: budaya, budaya optimisme akademik, kepercayaan staf, dan keandalan kolektif, penekanan akademik.

Referensi

A, Koesoema Doni. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: KANISIUS (Anggota IKAPI).

Al-Amin, Muhammad Irfan. 2022. Kognitif Adalah Aktivitas Mental, https://katadata.co.id/safrezi/berita/61e5417a3bbd2/kognitif-adalah-aktivitas-mental-ini-pengertian-dan-fungsinya.

Azwar, Saifuddin. (1996). Tes Prestasi, Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febrini, Deni. 2017. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, Abdul. Konsep Pendidikan al-Farabi dan Ibn Sina. Jurnal Ilmiah Sintesa, Vol.9. No.2, Januari 2010, h.14.

Harsono, 2008. Model-Model Pengelolaan Perguruan tinggi perspektif Sosiopolitik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hoy, Wayne K.dan Cecil G. Miskel. 2014. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hmawuri, Nikiya Yiro Hmawuri. Pengaruh Persuasi Verbal Guru dan Kecerdasan Emosi Peserta Didik terhadap Efikasi Diri Peserta Didik. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Volume 4, No 1, Februari 2020 Online: http://jurnal.uns.ac.id/JIKAP.

Kompri. 2015. Manajemen Sekolah – Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusdi, 2011. Budaya Organisasi: Teori, Penelitian, dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Maharani, Astri Dhiah. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mahariah, 2020. Implementasi Budaya Akademik Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara dalam Membentuk Pendidik Profesional. Medan: Desertasi S3.

Moelong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, Ali. 2013. Pendidik Profesional: Konsep Strategi dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Wali Pers.

Mulyasa, H. E. 2017. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah – ed. 1 cet. 6. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H. E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah profesional – Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyono, 2020. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta: Ar Ruzz Media).

Najmi, falin. 2017. Pengaruh Keandalan dan Prosedur Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakatpada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. JIEB (ISSN: 2442-4560) available online at: ejournal.stiepancasetia.ac.id

Pusat Bahasa. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. http:// kamusbahasaindonesia. org/ diunduh 8 April 2017.

Robbins, S. P., and Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior. Fifteenth Edition. Prentice Hall, Pearson Education, Inc. New Jersey.

Saifudin Azwar. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful. 2008. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudarmanto, Eko, dkk. Pengembangan budaya akademik. Gramedia, Yayasan kita menulis.

Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan –Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan –Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardan, H. Dadang. 2014. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak No. 422.1/1207/2022. Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem DARING pada SMP Negeri Kabupaten Demak tahun pelajaran 2021/2022.

Said, Muhammad, Marlina dan Tasdiq. 2021. Pengaruh Budaya Akademik Sekolah terhadap Kedisiplinan Peserta Didik SMK PGRI 2 Belitang III. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.8 No.1-06, Februari 2021.

Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Tesis Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. 2016. Pedoman Penyusunan Tesis. Semarang: UPGRIS Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang: Sistem Pendidikan Nasional.

Wirawan. 2008. Budaya dan Iklim Organisasi – Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

1.
Negoro S, Egar N, Yuliejantiningsih Y. Budaya Keunggulan Akademik di Sekolah Dasar Negeri Bintoro 5 Demak. JIPS [Internet]. 29 Desember 2023 [dikutip 19 Mei 2024];4(2):648-54. Tersedia pada: https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/view/168