Potensi Implementasi Science, Technology, Engineering, Art And Mathematic (Steam) pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Iklim Ditinjau dari Prespektif Guru IPA Se Kabupaten Demak

Penulis

  • Slamet Priyono Universitas PGRI Semarang
  • Ary Susatyo Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.193

Kata Kunci:

Implementasi, STEAM, Kreatif

Abstrak

Artikel ini bertujuan mengetahuirofil guru IPA jenjang SMP dalam potensi implementasi pendekatan pembelajaran STEAM pada konsep perubahan iklim untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa SMP di Kabupaten Demak. Pembelajaran STEAM merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada hubungan pengetahuan dan keterampilan science, technology, engineering, art, dan mathematics. Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif yang melibatkan 19 guru IPA jenjang SMP di Kabupaten Demak. Instrumen berupa angket yang diberikan secara online melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukan sebesar 52,6 % guru mengetahui pendekatan pembelajaran STEAM dan 47,4 % belum mengetahui. Sebanyak  26,3% guru yang sudah memahami pembelajaran dengan projek STEAM dan hanya 57,1 % yang sudah melaksanakan, sedangkan 42,9 % belum melaksanakan. Hasil menunjukan sebanyak 48% sangat menyenangkan dan 52% menyenangkan belajar dengan pendekatan STEAM dan 42,1 % siswa menjadi sangat aktif, 57,9 % siswa menjadi aktif.

Biografi Penulis

Slamet Priyono, Universitas PGRI Semarang

Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Ary Susatyo Nugroho, Universitas PGRI Semarang

Magister Ilmu Pengetahuan Alam

Fenny Roshayanti, Universitas PGRI Semarang

Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Referensi

Abu Ahmadi, Drs., dkk. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Biolearning Journal, 8(1), 24-26.

Efwinda, S., Qadar, R., Rananda, N., Mabrurah, F. F., & Setiyawan, R. (2021). Pelatihan pembelajaran STEAM bagi guru IPA SMP di Kalimantan Timur. Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy, 3(4).

Gilang, P.(2002) Memahami tujuan dan fungsi pendidikan di Indonesia.

https://www.gramedia.com.

Hidayat, A. Kuantitatif Adalah Penelitian: Tujuan, Jenis-Jenis, Pengertian, dan Contoh https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kuantitatif.html. Diakses tanggal 2 Januari 2022.

Irdalisa, I., Amirullah, G., & Dirza, A. F. (2022). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEAM bagi guru IPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1393-1401.

Kurnia, A. (2021). Profil kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan soal tes pilihan ganda pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 27-32.

Mabsutsah, N., & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205-213.

Mu'minah, I. H. (2020). Implementasi STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics) dalam pembelajaran abad 21. Bio Educatio, 5(1), 377702.

Nurdiana, H., Sajidan, S., & Maridi, M. (2019). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Mts Negeri 2 Kota Surakarta Pada Pembelajaran Ipa. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 224-228).

Prabawati, M. A., Yamtinah, S., Bramastia, B., & Sidiq, A. S. (2023). Literature Review: Pembelajaran IPA Bermuatan Etno-STEAM sebagai Upaya Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kurikulum Merdeka. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 166-179).

Rahardjo. M. 2010. Jenis dan Metode Penelitian Kualitatif.

Rahmawati, A., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2021). Pengembangan Media iSpring pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 304-318.

Rina Wijayanti, Fenny Roshayanti, Irna Farikhah, Nur Khoiri, J. S. (2021). Analisis Bahan Ajar Fisika Berdasarkan Perspektif Education for Sustainable Development. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 511–519.

Rodiana, S. O. (2022). INFUTPEDIA: Media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) sebagai alternatif pemecahan masalah di Indonesia. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 135-143.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Zubaidah, S. (2019, September). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-16

Cara Mengutip

Priyono, S., Nugroho, A. S., & Roshayanti, F. (2024). Potensi Implementasi Science, Technology, Engineering, Art And Mathematic (Steam) pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Iklim Ditinjau dari Prespektif Guru IPA Se Kabupaten Demak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(1), 133-140. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.193