UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN APLIKASI GAME QUIZIZ PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Penulis

  • Christina Purwanti SD Negeri Rejosari 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51874/jips.v3i1.38

Kata Kunci:

Meningkatkan Kemampuan, Pembelajaran Blended Learning, Quiziz

Abstrak

Pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran blended learning melalui pelaksanaan kegiatan pendampingan guru. Subjek penelitian adalah 9 guru di SD Negeri  Rejosari 02. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif.Penjelasan mengenai peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran blended learning pada kondisi awal sebesar 45,42 dan hanya masuk dalam kualifikasi KURANG, dan pada pelaksanaan siklus pertama menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 69,72 dalam kualifikasi C atau CUKUP dan pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 91,67 dalam kualifikasi nilai SANGAT BAIK. Dari segi peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran blended learning secara individual menunjukkan peningkatan, karena pada siklus pertama ada 5 guru 55,56% yang memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kategori BAIK, pada siklus kedua semua guru dinyatakan meningkat keterampilannya dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran blended learning, karena dari 9 guru terdapat  6 guru atau 66,67% yang memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kategori  SANGAT BAIK dan 3 guru atau 33,33% dalam kriteria nilai BAIK. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 9 guru di SD Negeri  Rejosari 02  dinyatakan BERHASIL meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran blended learning

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-08

Cara Mengutip

Purwanti, C. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN APLIKASI GAME QUIZIZ PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(1), 20-32. https://doi.org/10.51874/jips.v3i1.38